Sabtu, 25 Desember 2010

GERAKAN MAHASISWA KINI

Gerakan Mahasiswa di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada didalam maupun diluar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas, dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat didalamnya.
Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa.
“ Seharusnya kita mempunyai kemantapan kepercayaan bahwa semua bentuk pikiran dan ide, betapapun aneh kedengarannya ditelinga, haruslah mendapatkan jalan untuk dinyatakan. Tidak jarang dari pikiran dan ide yang semula dikira salah atau palsu ternyata kemudian benar” . (Nurcholish Majid, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, Mizan 1987, hlm 208-209).
Dinamika perubahan di negeri ini tidak bisa kita lepaskan dari peran mahasiswa, mengingat catatan sejarah telah menunjukkan bukti-bukti yang nyata. Bahwa mahasiswa terdiri dari beberapa flatform gerakan atau bisa diartikan (kelompok organisasi) tapi mahasiswa bisa membuktikan bahwa bisa menjadi sekelompok individu yang mampu merebut kepemimpinan moral dan intelektual sehingga bisa disebut juga mahsiswa sebagai agent of change (agen pembaharuan / perubahan). Mahasiswa pun mampu tampil menjaga kesinambungan nilai perjuangan melawan ketidak adilan.
Ironisnya gerakan mahasiswa kini telah merosot turun, gerakan mahasiswa menjadi pragmatis dalam artian hanya mementingkan ego belaka. lebih parah lagi kini mahasiswa, mayoritas didalam kampus tidak ada yang membahas akademisi atau diskusi suatu permasalahan yang ada di negara saat ini atau diskusi yang didalamnya membahas ilmu serta pelajaran – pelajaran yang belum dipahami atau yang lainnya yang bersifat akademisi. Akan tetapi, mereka malah membahas hal-hal yang tidak perlu dibahas oleh seorang mahasiswa, seperti fashion, mode baru, sinetron, film dan yang paling parah mahasiswa kini lebih senang curhat dan up-date status di akun seluler jejaring facebook daripada mementingakan hal akademisi, apalagi sampai memikirkan tentang kesemrawutan bangsa negara Indonesia saat ini. Apatis itulah kata yang tepat untuk menggambarkan sikap para mahasiswa masa kini beserta gerakan-gerakannya, yang diman orang tidak peduli dengan sekitarnya .
Seyogyanya kita sebagai mahasiswa yang dikenal mempunyai intelektual yang progresif bukan hanya diam dan kuliah saja tidak cukup karena organisasi tidak diberikan di dalam perkuliahan, sekalipun ada hanya teoritas saja bukan implementasi dari teori tersebut .
Untuk itu mari kita bersama-sama berubah menjadi seorang intelektual yang progresif dan mampu menjadi agent of change.........

0 komentar:

Posting Komentar

Reaksi

Labels

 
;